Munculnya Dua Mazhab

Posted: July 16, 2010 in artikel syiah

Peristiwa Saqifah telah memunculkan dua aliran ke permukaan bumi, yang satu mengikuti tradisi ketiga kholifah, meskipun Ali di masukkan ke dalam khulafa’ar Rasyidin, tetapi buah pikiran Ali yang bagaimanapun berlandaskan agama secara murni, sekurang-kurangnya menurut keyakinan Ali dan para pengikutnya. Buah pikirannya dalam sosial politik maupun fiqih ini tidak dapat tempat di kalangan ini. Kalaupun ada orang-orang mengemukakan pendapat Ali, maka ini sekedar menunjukkan kerukunannya dengan ke 3 kholifah. Dan usaha Umar secara teratur untuk menyingkirkan Imam Ali dari arena politik. Kutukan terhadapnya dalam setiap khotbah jum’at selama lebih dari 80 tahun oleh kekuatan politik yang menyusul kemudian, serta permusuhan dan penindasan terhadap para pengikut Ali, hampir menghilangkan buah pikiran Ali dalam aliran ini. Aliran ini makin melembaga dan kemudian di kenal sebagai Ahlu Sunnah.

Aliran lainnya mengikuti Ali yang di kenal sebagai Syiah, yang sebenarnya telah ada di zaman Rasul. Salman Al- Farisi, Abu Dzarr, Miqdad, dan Ammar bin Yatsir di sebut sebagai 4 tonggak Syiah.

Sahabat dan para pengikut Ali berpendapat bahwa Ali bin Abi Tholib adalah pemimpin sesudah Rasul. Ali di anggap paling dekat dengan Rasul SAW. Dalam darah, keimanan, ilmu, kesabaran, zuhud, berani, ia mengikuti Al-Qur’an dan sunnah Rasul secara utuh dalam perkataan maupun perbuatan, ia di anggap telah di tunjuk Allah dan Rasulnya sebagai imam kaum muslimin yang masih dalam masa “ bayi” yang sedang berkembang pesat. Dengan demikian reaksi dari para pengikutnya sehubungan dengan peristiwa Saqifah bukanlah masalah politik yang menuntut kekuasaan. Bagi mereka itu adalah masalah agama semata-mata sebagai reaksi wajar atas “penyimpangan” yang sebenarnya dapat di pahami dengan melihat catatan sejarah dari kalangan Sunni sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s