Surga dan Neraka

Posted: July 9, 2010 in artikel islami

Surga

Surga adalah tempat bagi orang-orang yang baik dan layak. Berbagai jenis kenikmatan dan sarana-sarana kemudahan dan kesenangan disediakan disana. Apa saja yang manusia inginkan dan bayangkan pasti ada. Kenikmatan surgawi adalah lebih tinggi dan baik dari kenikmatan duniawi. Tiada seorangpun yang melihat dan mendengarnya. Disana tiada kesedihan dan kesulitan yang ditemukan disurga. Barang siapa yang masuk surga kehidupanya akan abadi dan berada disana untuk selama-lamanya. Surga memiliki derajat-derajat yang berbeda dan setiap orang akan diberi tempat sesuai dengan keutamaan dan kesempurnaan jiwa dan amal perbuatan yang soleh.

Neraka

Neraka adalah tempat yang diperuntukkan orang-orang kafir, penjahat,dan pendosa. Segala jenis siksaan dan hukuman dapat disaksikan disana. Orang-orang yang dimasukkan dineraka mereka akan disiksa dalam puncak penderitaan dan kesusahan. Siksaan neraka itu sedemikian menakutkan dan pedihnya sehingga tiada yang dapat menggambarkan dan membayangkannya. Api neraka bukan hanya membakar tubuh, melainkan ia juga membakar ruh dan jiwa manusia serta bermuara dari batin zat dan seluruh wujudnya terbakar oleh api neraka.

Ahli neraka ada dua golongan: golongan pertama, yakni orang-orang kafir dan orang-orang yang sama sekali tidak memiliki cahaya iman dan penyembahan kepada tuhan yang esa secara total. Golongan ini berada dineraka dan dalam siksaan yang pedih untuk selamanya. Golongan ini tidak memiliki jalan keluar untuk menyelamatkan diri. Golongan kedua, adalah orang-orang yang bertauhid dan menyebah tuhan dan beriman, namun lantaran lemahnya iman mereka melakukan dosa dan maksiat dan mereka layak merasakan siksa neraka.

Dua golongan ini secara temporal disiksa dineraka dan akhirnya cahaya iman akan mengalahan kegelapan dosa dan melalui ampunan langsung dari tuhan semesta alam ataupun syafaat para nabi pilihan. Mereka selamat dari api neraka dan masuk kesurga.

Neraka memiliki banyak derajat dan siksaannya bermacam-macam. Setiap orang ditempatkan sesuai dengan kadar dosanya dan disiksa tergantung besar dosanya dan disiksa tergantung besarnya dosanya.

Comments
  1. ferick says:

    Salam ‘alaykum
    Mohon pencerahannya, apakah dgn syafa’at Rasulullah SAWW seseorang yg beriman namun memiliki byk dosa akan sama sekali tdk mendapat siksa api neraka dan langsung dimasukkan ke surga? Ataukah “mampir” dulu di neraka? Terima kasih, wassalam..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s