Dampak Negatif Dari Peristiwa Saqifah

Posted: July 9, 2010 in artikel syiah

–    Adanya rencana menggulingkan Ali As.

Dengan memperhatikan beberapa poin di bawah ini, dapat di mengerti bahwa ada rencana yang matang untuk menggulingkan Imam Ali dari kekholifahan :

Kehadiran mereka yang terus-menerus di sisi Nabi dan berusaha untuk mengagalkanupaya Nabi untuk menyokong kepemimpinan Ali. hal itu dapat di temukan pada fitnah yang terjadi di kediaman Nabi dengan semboyan yang di lontarkan Umar, bahwa kita cukup dengan Al-Qur’an saja. Kemudian ia menambahkan bahwa apa yang ingin di ucapkan Nabi sudah tidak ada kesadaranya lagi. Nabi mengigau akibat sakit yang di deritanya. Oleh karenanya, ketika Nabi berkata : “ bawakan aku alat tulis dan kertas “, malah terjadi keributan karena ucapan Umar, yang pada akhirnya membuat banyak orang termakan dengan isu yang di buatnya. Tujuan penting dari ucapan Umar adalah timbulnya keragu-raguan dari orang-orangdi sekeliling Nabi dan mencegah Nabi untuk tidak menuliskan wasiat.

  1. Setelah terbentuknya pemerintahan pasca peristiwa Saqifah dan Abu Bakar menjadi kholifah, Abu ubaidah menjabat sebagai mentri keuangan dan Umar sebagai ketua mahkamah agung. Ke 3 posisi ini sangat vital dalam sebuah pemerintahan di negara. Kombinasi ini tidak mungkin muncul begitu saja tanpa adanya perencanaan terlebih dahulu.
  2. Abu Bakar tahu akan keutamaan Imam Ali dan haknya atas kekhilafahan. Dan Allah memilih untuk Nabinya seorang wakil, kemudian Nabi menyempurnakan janji Allah SWT dengan mengangkat Imam Ali sebagai kholifah setelahnya, dan semua argumentasi telah di keluarkan untuk menetapkan hingga ajal menjemputnya, Abu Bakar dan Umar adalah orang pertama yang merampas hak Ali dan menentang perintah Nabi. Abu Bakar dan Umar telah bersepakat sebelumnya. Kemudian keduanya meminta baiat dari Ali. Ali hanya menundukkan kepala sebagai tanda ke engganannya membaiat keduanya. Hal ini menyebabkan Abu Bakar dan Umar seakan di landa masalah besarhingga berpikir untuk merekayasa kejadian yang lebih besar terhadap Ali.

–   Sikap Ali terhadap Saqifah.

Ali bin Abi Tholib tidak rakus untuk menjadi kholifah, juga tidak berusaha untuk mendapatkanya seperti yang di lakukan oleh Abu Bakar dan Umar di Saqifah. Keinginan Imam Ali hanya satu, yaitu menguatkan sendi-sendi islam, menyebarkan agama, membuat islam dan pengikutnya menjadi mulia, menjelaskan keagungan dan kebesaran Nabi Muhammad, dan mengungkapkan sejarah kehidupan Rasul dan mengajak manusia mengikuti cara hidupnya. Sayangnya, kebanyakan kaum muslim memasukkan pikiran-pikiran dalam hati mereka yang berbeda dengan apa yang di wasiatkan nabi di perang Uhud dan Hunain. Mereka rakus akan kekuasaan tanpa dasar. Mereka meninggalkan Nabi sebelum di kuburkan sebagaimana meninggalkan Nabi semasa hidupnya, ketika menghadapi kesulitan dan mara bahaya.

–  Hasil-hasil Saqifah.

Abu bakar dan kelompoknya telah menjadi pemenang dalam menghadapi Anshar dan Bani Umayyah. Kekholifahan telah jatuh di tangan mereka. Namun, kemenangan ini tidak sesederhana yang di bayangkan. Karena setelah itu, muncul masalah yang lebih besar tentang pertikaian. Tentunyaini bermula dari argumentasi mereka untuk meraih kursi kepemimpinan yang bertumpu pada kesukuan dan kekerabatan dengan Rasul. Atas dasar inilah tidak salah bila pasca Saqifah banyak muncul mazhab-mazhab Rasialis dan keturunan dalam kepemipinan agama.

Keberadaan Bani Hasyim sebagai kelompok yang menentang proses Saqifah mampu membalikkan situasi. Mereka berargumentasi dalam menghadapi kelompok Saqifah dengan alasan yang sama, yang di pakai Abu Bakar dan kelompoknya ketika menghadapi kaum Anshar, argumentasi itu demikian : “ bila qurays merasa lebih layak dan dekat dengan Rasul dari sekian kabilah-kabilah Arab.” Maka Bani Hasyim lebih tepat dan layak untuk memegang tampuk ke pemimpinan di banding dengan kelompok qurays lainnya.

Comments
  1. darwis says:

    ah,hal begini pa gunanya buat kita,tak lebih hanya sekedar tambahan ilmu bukan malah ikut2an berpolemik!!siapa sih kita ini!!!???????jagan bermaksialah..dan cukuplah kita menjalankan perintahnya!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s