Dampak mengingat kematian dan hari kebangkitan

Posted: July 9, 2010 in artikel islami

Imam ja’far as-hodiq berkata tentang kebaikan-kebaikan mengingat mati dan hari kebangkitan:

  • menekan berbagai keinginan
  • mencabut akar kelalaian dan kelesuan
  • berdasarkan janji allah mengingat mati dapat mengokohkan hati manusia
  • melembutkan jiwa yang membatu
  • menghapus berbagai keinginan dan menjaukan pelangaran
  • menekan sifat tamak setra menjadikan dunia ini tampak sederhana dalam pandangannya

setelah itu imam menukil kata-kata nabi SAW, “berfikir dan merenung sesaat lebih baik disbanding beribadah setahun”(bihar al-anwar.jil.Vi,hal.133)

maksudnya berfikir dan menyusun perancanaan kedepan lyaitu memikirkan masalah dan jawabannya serta pertanggung jawabannya dengan berpijak diatas landasan keadilan Allah SWT.

Kami membaca dalam hadis-hadis bahwa: orang-orang bijak yang berfikir adalah orang –orang syang selalu mengingat mati (bihar al-anwar,jil.vI,hal.135).

Takkala nabi SAW menyabdakan bahwa hati juga dapat berkarat seperti besi,mereka bertanya dengan apakah  dia dapat dibersihkan?nabi menjawab”dengan mengingat ati dan membaca al-quran.dan hadis lain juga diriwayatkan oleh rosul adalah “senang tiasalah mengingat mati karna ia mempunyai  4 dampak”

A) menghapus dosa-dosamu

B) mengurangi kegandrunganmu pada dunia

C) mencegahmu dari praktek-praktek buruk dan penggunaan kekayaan yang tidak pantas disaat kaya

D) mengisi manusia dengan sedikit harta yang diimiliki: dengan kemiskinannya,dia akan mengingat mati dan  membuatnya sadar betapa dirinya akan dihitungkan dihadapan allah atas kekayaan yang telah dihabiskannya dan karenanya melihat bahwa dia mempunyai kekayaan sedikit  dirinya akan dimintai pertanggung jawaban yang sedikit.

Dan imam ‘ali juga berkata : “banrang siapa senang tiasa mengingat mati akan selalu mempunyai harta yang sedikit. Dai tak pernah mengharapkan sekali untuk lebih dan juga tidak tamak atau kikir. (bihar al-anwar,jil,VI)

Seesungguhnya dunia memperdaya para pencintanya.siapa saja yang memikirkan kematian dan ari kebangkitan akan membelokan mata hatinya pada dunia yang akan datang berpaling dari kemunafikan dunia ini dan kemegahanya,serta tidak membuatnya terpikat sebagai mana perkataan imam ‘ali” barang siapa selalu mengingat kematian akan selamat dari kemunafikan dunia”

Demikian pula orang-orang yang perihatin terhadap kematian dan hari kebangkitan, sejak sekarang akan meninggalkan segala perbuatan buruk dan mulai mengerjakan perbuatan-perbuatan mulia untuk bekal dihari kebangkitan.

Comments
  1. forumbuknas says:

    hebat.. mat… tak acungi jempol lima (yg satu pinjem punya orang)…

  2. Alhamdulilah, sudah mendapatkan masukan sekaligus pencerahan dgn artikel ini. Mudah2an artikel ini menjadi amal soleh dan mendapatkan pahala yg setimpal dari ALLAH SWT amieen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s