Zoroaster

Posted: May 28, 2010 in biografi

Zoroaster adalah “nabi”nya iran.dia adalah pendiri agama zoroastrianisme,sebuah agama yang berlangsung lebih dari 2600 tahun dan tetap punya penganut hingga kini.dia juga penulis gathas,bagian tertua dari avesta,petunjuk suci pemeluk agama Zoroaster.

Informasi biografis yang meyangkut Zoroaster tidak lengkap,tapi tampaknya dia dilahirkan kira-kira tahun 628 SM di daerah iran utara.sedikit sekali bisa mengetahui masa kecilnya.sesudah dewasa dia mengkhotbahkan agama baru yang di susunya sendiri.pada tingkat awalnya banyak penentengan terhadap ajaran yang di bawa oleh Zoroaster ini.tapi tatkala usianyaa menginjak 40 tahun dia berhasil menarik raja vishtaspa sebagai pemeluknya,dia adalah seorang penguasa di daerah iran utara.sesudah itu sang raja menjadi sahabatnya dan sekaligus pelindungnya.

Teologi Zoroaster merupakan campuran menarik antara monotheisme dan dualisme.menurut Zoroaster hanya ada satu tuhan sejati yang di sebut ahura mazda. Ahura mazda adalah tuhan yang bijaksana yang menganjurkan kejujuran dan kebenaran. Tapi penganut Zoroaster juga percaya dengan adanya roh jahat yaitu angra mainyu . yang melambangkan kejahatan dan kepalsuan. Penganut Zoroaster percaya bahwa dalam jangka panjang kekuatn ahura mazda akan keluar sebagai pemenang. Teologi mereka juga termasuk keyakinan penuh tentang adanya kehidupan setelah kematian.

Dalam masalah –masalah etika. Agama Zoroaster menekankan arti pentingnya kejujuran dan kebenaran. Penganut Zoroaster melaksanakan berbagai ibadah agama yang menarik, beberapa diantaranya di pusatkan pada pemujaan api. Misalnya api suci senantiasa di biarkan berkobar di kuil Zoroaster, tapi yang paling nyata dalam ibadah mereka adalah cara melenyapkan jenazah, bukannya di kubur atau di baker melainkan di letakkan di atas menara di biarkan habis di makan burung pemakan bangkai. (burung- burung itu biasanya memakan jenazah tersebut hingga tulang belulang dan dalam tempo beberapa jam saja.)

Menurut kisah tradisional di iran, Zoroaster hidup hingga usia 77 tahun.dengan demikian kematianya di perkirakan tahun 551 SM.( Zoroaster 628 SM – 551 SM ) .

Comments
  1. jazz says:

    blog ini lumayan bguss…….
    apakah pengikut zoroaster masih ada di iran sna????

    • trima kasih atas dukungannya……
      klo pengikutnya sih mungkin masih ada di penjuru iran…..tapi kepastiannya ana g sberarapa tw…..
      yaa klo anda ingin tw ya cari di internet aja…..mungkin ada kepastian……

  2. yang ana tau pengikut zoroaster tu masih ada sampai skrng,mereka menganggap semua kepemilikan untuk semuanya….dan mereka juga nyembah api….. kalau dibilang nabinya iran,kayaknya terlalu naif…..

    • ohh ya trima kasih atas infox……
      oke lah ktakan klo skrg terlalu naif di katakan nabinya iran,,,,tapi klo zaman dulu memang zoroaster adlah nabinya iran……
      krena raja2 pd zaman itu menganut ajaran zoroaster…..apalagi rakyat2nya…….

  3. Ibnu Jakfari says:

    syukran atas informasinya… selamat berjuang di alan kebenaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s