Agar tak menjadi pemuda liar.

Posted: May 21, 2010 in artikel pemuda

Pemuda di zaman ini kebanyakan mereka menjadi “ budak” dari hawa nafsunya, dan akal-akal meraka juga di kendalikan oleh hawa nafsunya tersebut. Dan terkadang manusia lalai akan hal itu, sehingga hawa nafsunya menempati tempat tertinggi di dalam dirinya, dalam artian bahwa yang mengendalikan dirinya adalah hawa nafsu, maka kehidupannya pun akan selalu menyimpang dari ajaran islam. Manusia kadang-kadang di kuasai oleh hawa nafsunya, yang menarik mereka kesana dan kesini. Walaupun manusia itu tidak selamanya di kuasai oleh hawa nafsunya, karena manusia juga memiliki tameng yaitu akal. Dengan akal manusia dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

Terkadang juga ketika hasrat lelaki itu muncul kevanyakan disebabkan oleh wanita. Karena lelaki akan lebih besar hasratnya apabila dia melihat tubu wanita yang tak berhijab. Wanita di zaman ini mereka menggunakan pakaian-pakaian yang tak sepantasnya mereka kenakan, wanita juga tidak menggunakan kerudung yang telah di syariatkan oleh islam ia malah memakai pakaian yang minim. Padahal di dunia ini tidak kekurangan kain untuk menutupi tubuh mereka. karena hasrat seks yang sedang berkembang pada anak remaja memang agak sulit di kendalikan. Apalagi lingkungan memunkinkan anak-anak laki-laki dan perempuan bergaul secara bebas, memakai pakaian yang mempertontonkan aurat di depan umum di anggap lumrah, maka lebih sulit mengawasi perilaku mereka yang liar. Umumnya mereka memiliki perilaku yang berisiko tinggi. Karena itu islam menganjurkan kaum wanita untuk untuk memakai pakaian yang sopan.

Allah berfiman :

“ wahai nabi, katankanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan      istri-istri orang mukmin. Hendaklah mereka mengulurkan jilbab mereka ke seluruh tubuh mereka. yang demikian itu supaya mereka lebih muda untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan allah adalah maha pengampun dan maha penyayang.”   (QS: al-ahzhab: 59.)

Dengan demikian lelaki akan tertuju matanya kepada tubuh wanita-wanita yang tidak memakai hijab. Padahal sudah jelas al qur’an mengatakan bahwa menutupi seluruh aurat perempuan hukumnya adalah wajib. Agar umat manusia aman dari bahaya akhir zaman ini.

Terkadang jika manusia ingin terjaga dari dosa-dosa melihat aurat wanita atau yang lainnya, maka benteng mereka adalah dengan melakukan perkawinan. Perkawinan merupakan benteng yang kukuh dalam mengendalikan hasrat-hasrat liar. Semakin orang tersebut kawin pada masa mudanya maka ia akan selamat sejak dini untuk tidak melakukan maksiat. Maka sudah menjadi kewajiban bagi orang tua untuk menikahkan anaknya yang sudah baligh dan siap. Karena jika kita menikah  di usia muda, maka kita akan terbentengi dengan perkawinan tersebut untuk tidak melihat ke kanan dan ke kiri. Tapi jika kita menikah di usia agak tua, maka tidak ada seorang pun yang bisa menjamin bahwa orang tersebut tidak melakukan maksiat. Karena orang yang sudah dewasa seperti umur 25-30 tahun itu memiliki hasrat seksual yang tinggi, jika belum menikah maka ia akan mencari jalan apapun untuk memuaskan hasratnya tersebut yaitu dengan cara berzina dan lainnya. Akan tetapi itu tidak akan terjadi terhadap orang yang telah menikah. Jika ia telah menikah ia akan memuaskan hasratnya dengan cara halal. Karena sebagian krisis moral dan sosial yang telah terjadi di tengah-tengah masyarakat itu di sebabkan  keterlambatan menikah.

Rasullah bersabda :

“ anak remaja di mana saja yang menikah dalam usia dini, maka setan akan berteriak-teriak karena anak muda tersebut itu selamat dari bisikan-bisikan setan.”     (Kanz Al Ummal: hadis 44441.)

Comments
  1. ibnuhadis says:

    ahsan ta y akhi…!!

  2. sukron ustad….
    mohon kunjungannya terus…..

  3. ibnuhadis says:

    na’am kami dukung semua yg menjunjung tinggi ahlulbait……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s